Lanjutan : Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional


Pada tahun 1863, gagasan tersebut terwujud. Henry Dunant bersama dengan empat warga Jenewa lain mendirikan Komite Internasional Pertolongan Korban Luka (The International Committe of Aid for Wounded) yang di kemudian hari menjadi ICRC (Komite International Palang Merah). Pada tahun itu pula mulai lahir perhimpunan-perhimpunan Nasional. 

Pada tahun 1864, Konvensi Jenewa yang pertama yaitu mengenai perbaikan kondisi prajurit yang terluka dalam perang di darat, diadopsi oleh sebuah konferensi diplomatik. Lambang yang kita pakai ialah Palang Merah dengan latar belakang warna putih. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional Default paragraph Font, Dewasa ini terdapat 4 Konvensi Jenewa yang mesing-masing melindungi :
  1. Prajurit yang terluka dan yang sakit dalam perang darat
  2. Prajurit yang terluka, yang sakit dan yang kapalnya karam dalam perang di laut
  3. Tawanan perang
  4. Orang sipil dalam masa konflik bersenjata
Dan dua protokol tambahan sebagai pelengkap keempat Konvensi jenewa tersebut : Komite Internasional palang Merah (ICRC) sendiri dewasa ini sudah sangat berkembang. ICRC masih mengkhususkan diri dalam membantu korban konflik bersenjata dengan cara :
  • Memberikan bantuan darurat kemanusiaan dan bantuan medis kepada penduduk sipil
  • Mengunjungi para tawanan perang dan tahanan politik
  • Meneruskan berita keluarga dan mempersatukan keluarga yang terpisah
  • Mengajarkan ketentuan-ketentuan Konvensi Jenewa dan prinsip-prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Dewasa ini telah berdiri 181 perhimpunan Palang Merah atau Bulan Sabit Merah Nasional. Walaupun perhimpunan-perhimpunan tersebut terus bekerja pada masa konflik bersenjata, mereka juga melakukan banyak kegiatan pada masa damai, misalnya :
  • Kegiatan donor darah
  • Pencegahan penyakit
  • Pemberian bantuan kepada para pengungsi dan mereka yang membutuhkan
  • Pemberian pertolongan pertama
Sejak 1919, semua perhimpunan nasional berada dalam sebuah federasi. Federasi Internasional Perhimpunan-perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Federasi mengkhususkan diri dalam memberikan bantuan darurat kemanusiaan kepada para korban bencana alam. Federasi juga mengkoordinasi kegiatan perhimpunan-perhimpunan nasional di tingkat internasional.
Cerita : C. Chatelain - C.A Neukomm

Posting Komentar

© PMRKU. All rights reserved. Developed by Thanks to