Sasaran Perekrutan Palang Merah Remaja

Sasaran Perekrutan Palang Merah Remaja
  • Sekolah (SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ SMK/ MA atau sederajat) dan luar sekolah
  • Remaja berusia 10 – 17 tahun
Anggota PMR
  1. Anggota Remaja PMI berusia 10 – 12 tahun atau setingkat SD/ MI/ sederajat dapat bergabung sebagai anggota PMR Mula
  2. Anggota Remaja PMI berusia 12 – 15 tahun atau setingkat SMP/ MTS/ sederajat dapat bergabung sebagai anggota PMR Madya
  3. Anggota Remaja PMI berusia 15 – 17 tahun atau setingkat SMA/ SMK/ MA/ sederajat dapat bergabung sebagai anggota PMR Wira
Sasaran Perekrutan Palang Merah Remaja
Proses Perekrutan
- Promosi
Kreatif menggali ide untuk menarik minat sebanyak mungkin remaja bergabung dengan PMI. Siapa sasaran promosi (remaja, orang tua, sekolah, diknas, instansi, dll.)? Mengapa remaja tertarik dengan PMI? Dimana dan kapan PMI akan melakukan perekrutan? Bagaimana PMI membuat media dan melakukan promosi? Pertanyaan-pertanyaan sederhana mengawali perencanaan dan pelaksanaan promosi perekrutan.

Banyak cara berpromosi
- Kontak personal
Merekrut anggota PMR melalui orang-orang yang telah kita kenal, misal staf, relawan, tetangga, teman, bahkan mereka yang telah menjadi anggota PMR. Ajaklah mereka merekrut remaja bergabung dengan PMI. Jadikanlah mereka sebagai orang-orang yang bisa dihubungi oleh remaja.

- Media Massa
Televisi, radio, koran, dan masih banyak lagi jenisnya. Bekerjasamalah dengan media massa untuk memuat iklan, cerita, atau berita yang menarik minat remaja untuk bergabung dengan PMI. Tentu saja media massa dengan sasaran remaja merupakan prioritas, dan cara ini dilakukan secara berkala, misal seminggu sekali, sebulan sekali. Lebih sering pemuatan berita, masyarakat akan semakin tahu dan tertarik. Berpromosilah setiap saat, jangan hanya sesaat atau menjelang perekrutan.

- Publikasi sirkulasi khusus
Majalah atau tabloid milik PMI, sekolah, maupun instansi. Secara rutin kirimkan artikel, foto, press release tentang kegiatan PMI dan apa yang telah dilakukan anggota PMR.

- Surat
Selebaran, surat dapat menjadi alternatif promosi.

- Teknologi Modern
Website, email, mailing list dapat digunakan sebagai cara promosi.

- Presentasi
Siapa yang paling tahu kondisi dan kebutuhan remaja disuatu lingkungan? Berbicaralah dengan pihak-pihak pengambil kebijakan (misal: kepala dinas pendidikan, departemen agama, pemuka agama dan masyarakat, pimpinan sekolah, serta mereka yang mempunyai hubungan terdekat dengan remaja misal guru, orang tua, dan sesama remaja. Mintalah waktu kepada sekolah, dinas pendidikan, kelompok masyarakat, pada saat pertemuan orang tua siswa, pertemuan kelompokkelompok remaja, MOS (Masa Orientasi Siswa) untuk mempresentasikan kegiatan PMI, termasuk apa peran anggota PMR, manfaat apa yang didapat jika bergabung dengan PMI, dan bagaimana PMI memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap kerelawanan mereka.

- Pameran
PMI dapat menyelenggarakan pameran, atau bergabung dengan acara pameran yang diselenggarakan oleh pihak lain. Berkreasilah agar pengunjung pameran tertarik dan kemudian mau bergabung menjadi anggota PMR. Pemutaran film, majalah dinding, pementasan drama atau seni, poster, leaflet, foto, banner sangat mendukung penyampaian pesan.

- Kegiatan Kepalangmerahan
Anggota PMR mengadakan kegiatan kepalangmerahan dengan melibatkan remaja atau sekolah yang belum mempunyai PMR sehingga menarik minat mereka untuk bergabung menjadi anggota PMR. Proses ini merupakan peran PMR dalam membantu PMI Cabang melakukan promosi, publikasi, dan advokasi

Berpromosilah setiap saat, jangan hanya sesaat atau menjelang perekrutan.