Siklus Manajemen PMR

Siklus Manajemen PMR


Pengertian 

Manajemen PMR merupakan proses pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan PMI. 

Tujuan

Membangun dan mengembangkan karakter PMR yang berpedoman pada Prinsip Kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan.
Siklus Manajemen PMR

Tri Bakti PMR 

Meningkatkan keterampilan hidup sehat -> Bersih, Sehat Berkarya dan Berbakti di Masyarakat -> Kepemimpinan,peduli, kreatif, kerjasama Mempererat persahabatan nasional dan internasional -> Bersahabat, ceria.

Hasil Yang Diharapkan

  • Meningkatnya kualitas positif anggota PMR sehingga dapat berperan dalam kegiatan kepalangmerahan, baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan proses pengambilan keputusan terkait masalah remaja.
  • Anggota PMR sebagai kader Relawan.

Pendekatan Manajemen PMR

  • Pendekatan Sebaya, yaitu anggota PMR dapat menjadi model/contoh (peer leadership), memberikan dukungan (peer suport), serta menjadi pendidik sebaya (peer educator) dalam upaya meningkatkan ketrampilan hidup sehat antar remaja.
  • Pendekatan Youth Centre, yaitu PMI Cabang sebagai pusat pembinaan dan pengembangan PMR, yang dibantu oleh para relawan PMI sebagai salah satu strategi pembinaan berkelanjutan.

Pelaksana manajemen PMR 

Pembinaan dan pengembangan PMR dilaksanakan oleh PMI, dan pihak-pihak terkait pembinaan dan pengembangan remaja a.l. Diknas, Disorda, Depag, sekolah, instansi.

Sumber dana manajemen PMR 

Berasal dari PMI, anggota PMR, donor, pihak sekolah, maupun instansi yang bersifat tidak mengikat, bermanfaat bagi kedua belah pihak, dan sesuai dengan ketentuan PMI.

Posting Komentar

© PMRKU. All rights reserved. Developed by Thanks to